Beranda > Sejarah Islam > Penanggalan Islam

Penanggalan Islam

Tahun Muslim didasarkan pada sistem perputaran bulan, terdiri dari 354 hari dan berubah-ubah setiap tahun dengan selisih Sepuluh atau Sebelas hari dari penanggalan matahari. Tahun muslim dibagi menjadi Dua Belas bulan yang terdiri dari Dua Puluh Sembilan atau Tiga Puluh hari. Dimulai dengan bulan Muharram dan berakhir dengan bulan Zulhijjah. Nama-nama bulan, yang sebagian sesuai dengan musim, berasal dari penanggalan Arab pra-Islam, saat sebuah bulan tambahan diberlakukan setiap tiga tahun untuk menyelaraskan penganggalan dengan tahun matahari.

Nabi Muhammad dan para pengikut awalnya di Arabiah adalah warga gurun yang menandai waktu dengan perubahan bentuk bulan. Hari baru dimulai bukan dengan tengah malam tetapi pada sore hari saat bulan mulai tampak. Letak bintang-bintang digunakan sebagai petunjuk bagi penduduk gurun yang melakukan perjalanan saat hawa dingin di malam hari dan beristirahat saat panas terik siap hari. Bintang-bintang juga digunakan untuk menemukan arah Mekkah, kota suci Islam. Astronomi menjadi ilmu Islam yang sangat penting, dengan menara sebagai tempat pengamatan astronomi yang ideal. Pada abad ke sepuluh, muslim telah menemukan astrolab, sebuah alat yang mereka gunakan untuk menghitung pergerakan bintang dan planet. Mereka dapat mengetahui waktu di malam hari dari benda yang menjadi cikal bakal jam modern ini.

Penanggalan Islam mencerminkan aspek-aspek social dan spiritual Islam dan menjaga aspek-aspek ini dalam keselarasan. Ada dua perayaan: Idul Fitri, perayaan setelah menjalankan puasa bulan Ramadhan,  dan Idul Adha, hari raya kurban. Id sendiri dalam bahasa Arab berarti perayaan atau saat kebahagiaan, dan pada dua peristiwa ini orang saling mengirim kartu ucapan selamat seperti kartu natal dan tahun baru.

(Living Islam)

  1. 20 pukul 12:02 am

    Hmm is anyone else experiencing problems with the pictures on this blog loading?
    I’m trying to determine if its a problem on my end or if it’s the blog.
    Any feed-back would be greatly appreciated.

  2. 16 pukul 4:34 am

    Thanks a ton for taking free time in order to create “Penanggalan Islam Al-Asyraf”.
    Thanks a ton once again -Duane

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: